Upacara Peringatan Hari Juang TNI AD Ke-78 Tahun 2023Kodim 0731/Kulon Progo


Upacara Peringatan Hari Juang TNI AD Ke-78 Tahun 2023Kodim 0731/Kulon Progo

Jumat, 15 Desember 2023, Desember 15, 2023


KULON PROGO jejakkriminal online_

Kodim 0731/Kulon Progo melaksanakan Upacara Hari Juang TNI AD ke-78 tahun 2023, di Halaman Makodim, diikuti Personel Militer dan PNS Kodim dan Kanminvetcad IV/17 Kulon Progo, Jumat (15/12/23).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Kodim 0731/Kulon Progo Letkol Inf Viki Herwandi, S.Sos., Komandan Upacara Danramil 11/Pengasih Kapten Arm Marsudi, Perwira Upacara Pasipers Kapten Caj (K) Kelli Wijaya, Pengucap Sapta Marga Kopda Alek Murjito, Pembawa Acara PNS Tri Rubiyanti. 

Amanat Panglima Besar Jenderal Sudirman dibacakan Irup antara lain mengatakan tentara bukan merupakan suatu golongan diluar masyarakat, bukan suatu kasta yang berdiri diatas masyarakat. Tentara hanya mempunyai kewajiban satu ialah mempertahankan kedaulatan negara dan menjaga keselamatannya. Sebagai tentara, harus disiplin, tunduk kepada perintah pimpinan dan ikhlas mengerjakan kewajiban, inilah kekuatan dari tentara. 

Anak-anakku Tentara Indonesia, kamu bukanlah serdadu sewaan tetapi prajurit yang berideologi, yang sanggup berjuang dan menempuh maut untuk keluhuran tanah airmu. 

Amanat KASAD dibacakan Irup antara lain mengatakan, selaku Kepala Staf Angkatan Darat dan pribadi saya mengucapkan "Selamat Hari Juang TNI AD ke-78 Tahun 2023" kepada segenap Prajurit dan PNS TNI AD beserta keluarga, teriring ucapan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdiannya selama ini. 

Hari Juang TNI AD merupakan momentum penting untuk mengenang perjuangan para pahlawan, yang mengorbankan jiwa dan raga demi mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan Bangsa Indonesia. Jenderal Sudirman dengan keteguhan dan keberaniannya memimpin pasukan di pertempuran Ambarawa, meski dalam kondisi sakit tidak pernah menyerah. Hari Juang TNI AD kali ini mengusung tema "TNI Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam untuk NKRI", memiliki makna bahwa kita harus terus memperkuat kemanunggalan TNI AD Rakyat, meningkatkan kemampuan dan berperan aktif dalam pelestarian alam. 

Memasuki tahun politik 2024, situasi ditahun politik berpotensi membuka celah terjadinya berbagai ancaman yang disebabkan perbedaan pandangan politik seringkali disusupi kelompok radikal dan intoleran. Oleh karena itu, tingkatkan kewaspadaan terhadap berbagai potensi kerawanan yang mungkin terjadi di lingkungan tugas masing-masing dan selalu pegang teguh komitmen Netralitas TNI. 

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan bimbingan, petunjuk dan lindungan-Nya kepada kita, dalam melanjutkan tugas pengabdian bagi kejayaan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sangat kita cintai bersama. (EKO)

TerPopuler