Korea Selatan Berhasil Luncurkan Satelit Mata-mata Satelit Pertamanya


Korea Selatan Berhasil Luncurkan Satelit Mata-mata Satelit Pertamanya

Sabtu, 02 Desember 2023, Desember 02, 2023


 Jakarta, jejakkriminal.online-

Pemerintah Korea Selatan (Korsel) mengonfirmasi bahwa satelit mata-mata militer pertamanya telah berhasil mencapai orbit setelah peluncuran roket SpaceX yang sukses.

Satelit mata-mata Korsel, yang dibawa oleh salah satu roket Falcon 9 SpaceX milik Elon Musk, mengintensifkan ajang adu antariksa di semenanjung Korea, setelah Korea Utara meluncurkan satelit mata-mata militer pertamanya ke angkasa pekan lalu.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan pada hari Sabtu (2/12) bahwa satelitnya mencapai orbit segera setelah roket SpaceX lepas landas dari Pangkalan Angkatan Luar Angkasa AS Vandenberg di California pada pukul 10:19 waktu setempat (1819 GMT) pada hari Jumat (1/12).

"Satelit tersebut diluncurkan pukul 03.19 waktu Seoul dan berhasil dipisahkan dari proyektil 11 menit kemudian dan masuk ke dalam lintasan orbit yang ditargetkan," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

"Kami telah mengoonfirmasi komunikasinya dengan komando darat," imbuh kementerian.

Dengan mencapai orbit berarti Korea Selatan kini memiliki satelit mata-mata pertama yang dibangun di dalam negeri untuk memantau Korea Utara yang mempunyai senjata nuklir.

Seoul berencana meluncurkan empat satelit mata-mata tambahan pada akhir tahun 2025 untuk meningkatkan kapasitas pengintaiannya di Korea Utara.

Ditetapkan untuk mengorbit antara 400 dan 600 kilometer (250 hingga 370 mil) di atas Bumi, satelit mata-mata Korea Selatan tersebut mampu mendeteksi objek sekecil 30 sentimeter (11,8 inci), menurut kantor berita Korsel, Yonhap.

Sumber: Detik.com

TerPopuler