Dinilai Mampu Memimpin Indonesia, Elektabilitas Prabowo-Gibran Tertinggi


Dinilai Mampu Memimpin Indonesia, Elektabilitas Prabowo-Gibran Tertinggi

Rabu, 27 Desember 2023, Desember 27, 2023
Dinilai Mampu Memimpin Indonesia, Elektabilitas Prabowo-Gibran

JEJAK KRIMINAL, PURWAKARTA - Pasangan Calon (Paslon) Nomor Urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memiliki elektabilitas
tertinggi dibandingkan dengan kandidat lain di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Salah satu alasannya karena Prabowo-Gibran dianggap mampu memimpin oleh masyarakat Indonesia.

Hal itu terekam dalam survey Polling Institute periode 15-19 Desember yang menunjukan sebesar 13,3 persen masyarakat menilai Prabowo-Gibran paling bisa memimpin. Di bawah temuan tersebut terdapat faktor disukainya figur Prabowo-Gibran oleh masyarakat.

"Prabowo-Gibran (dipilih) paling mampu memimpin, suka, tegas, berani," kata peneliti Senior Polling Institute, Kennedy Muslim dikutip dari kanal Youtube Polling Institute, Rabu (27/12/2023).

Faktor tersebut pun membuat eletabilitas  Prabowo-Gibran terus meningkat naik. Dalam temuan Polling Institute menunjukan eletabilitas Prabowo-Gibran sebesar 46,1 persen, naik dari akhir Oktober diangka 43,2 persen.

Di posisi kedua terdapat pasangan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang mengantongi 22,6 persen dukungan.
Sementara di posisi ketiga terdapat duet koalisi PDI Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang mendapat 20,5 persen.

"Prabowo-Gibran kembali naik (elektabilitas) ke 46,1 persen," ucap Kennedy.

Besarnya elektabilitas Prabowo-Gibran selaras dengan tingginya angka kedisukaan Prabowo sebagai  Capres. Temuan Polling Institute menemukan angka kedisukaan Prabowo mencapai 77,3 persen, mengalahkan Ganjar dengan angka 68,3 persen dan Anies yang mendapat 65 persen.

"Kita lihat Pak Prabowo masih yang tertinggi (kedisukaan)," ujar Kennedy.

Survei Polling Institute digelar pada 15-19 Desember 2024 dengan 1230 responden.
Survei dilakukan dengan metode wawancara langsung lewat telepon oleh pewawancara yang sudah profesional.***

TerPopuler