7 Hari Tak Ditemukan, Pencarian Bocah Tenggelam di Sungai Citarum Bandung Barat Dihentikan


7 Hari Tak Ditemukan, Pencarian Bocah Tenggelam di Sungai Citarum Bandung Barat Dihentikan

Senin, 11 Desember 2023, Desember 11, 2023
Senin 11 Desember 2023 18:55 WIB

Jejak Kriminal / Deni Jaelani
Tim SAR gabungan saat melakukan pencarian bocah tenggelam di Sungai Citarum KBB. 

Laporan Wartawan Jejak Kriminal, Deni Jaelani

JEJAKKRIMINAL.ONLINE, PURWAKARTA JABAR - Pencarian bocah bernama Alfian (9) yang tenggelam di Sungai Citarum, wilayah Desa Batujajar, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB), secara resmi dihentikan, Senin (11/12/2023) sore. 

Sebelumnya diberitakan, bocah itu dilaporkan tenggelam pada Selasa (5/12/2023) sekitar pukul 11.00 WIB setelah dia berenang terlalu tengah di Sungai Citarum. 

Setelah dilakukan pencarian selama 7 hari, korban tak kunjung ditemukan. 

Komandan Tim Rescue Basarnas Bandung, Nova Perdiana mengatakan,  keputusan untuk menghentikan pencarian korban tenggelam tersebut sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) Basarnas dan kesepakatan dari pihak keluarga. 

"Ketika selama 7 hari tidak ada tanda-tanda korban akan ditemukan, maka upaya pencarian dihentikan dan seluruh unsur SAR kembali ke satuannya masing-masing, "  ujarnya di Sungai Citarum, Senin (11/12/2023).

Ia mengatakan, sebetulnya tim SAR Gabungan telah mengupayakan pencarian korban dengan maksimal, namun hingga hari ke-7 ini masih nihil meskipun sudah membagi tim menjadi 2 search and Rescue Unit (SRU). 

"SRU 1 fokus pencarian di area yang tertutupi eceng gondok seluas 1,2 kilometer ke arah lokasi kejadian menggunakan 2 unit LCR, sedangkan SRU 2 penyisiran darat dari ujung hamparan eceng gondok ke hilir sejauh 2 kilometer, "  kata Nova. 

Selama 7 hari melakukan pencarian, kata Nova, pihaknya terkendala banyaknya eceng gondok yang sangat rapat di sekitar lokasi kejadian, sehingga tidak mungkin untuk melakukan penyisiran. 

"Hamparan eceng gondok itu panjangnya 3 kilometer, Mudah-mudahan korban tidak tenggelam di tengah-tengah eceng gondok, karena susah ditemukan, "  ucapnya. 

Meski sudah berupaya melakukan pencarian selama 7 hari, kata Nova, korban masih tidak ditemukan, sehingga proses pencarian dihentikan karena sudah sesuai batas waktu dan SOP yang telah ditentukan. 

"Ini hari ke-7 batas waktu dari SOP Basarnas, kita sudah melakukan pencarian ke arah hilir, tapi terkendala dengan adanya tumpukan eceng gondok, "  ujar Nova. 

TerPopuler