Tidak Seumur Jagung, Rehabilitasi Jalan Kecamatan Hilimegai Mengalami Sejumlah Titik Retak


Tidak Seumur Jagung, Rehabilitasi Jalan Kecamatan Hilimegai Mengalami Sejumlah Titik Retak

Jumat, 10 November 2023, November 10, 2023

 Nias Selatan-Jejak Kriminal

Pembangunan semenisasi rehabilitasi jalan kecamatan Hilimegai, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), yang masih belum seumur jagung mengalami retakan hebat. Diduga hal tersebut disebabkan oleh pengerjaan asal jadi dari pelaksana dan terlebih karena kurangnya pengawasan dari pihak konsultan.


Berdasarkan papan informasi yang terpajang di lokasi, pembangunan tersebut diawasi oleh CV. Babo Consultant dan pihak penyedia jasa ialah CV. Prima SDM Lestari dengan nilai kontrak sekitar Rp. 200 (Dua Ratus Juta) dan sumber dana dari Dana Alokasi Umum (DAU).


Menurut penyampaian narasumber, semenisasi tersebut tidak dipasang besi.

“Sepengetahuan saya secara mata, kepala saya, bangunan semenisasi tersebut tidak dan belum dipasang besi rakitan terhadap badan jalan maupun pada parit beton,” ungkapnya, Jumat (10/11/2023).


Sekira 1 bulan berjalan, Camat Hilimegai Apolonias Ndruru sebagai PJ Kades Togizita menyampaikan bahwasanya pembangunan tersebut telah selesai.

“Saya selaku pimpinan kecamatan sekaligus sebagai pihak pengawasan, pengerjaan bangunan semenisasi ini sudah hampir siap atau finish sekitar 99 persen,” ucapnya ketika diwawancarai awak media.


Akan tetapi, pada saat dipantau ulang para awak media ternyata banyak terdapat retakan hebat terhadap semenisasi tersebut terlebih pada badan jalan yang telah dipasang semen.


Ketika hal ini dikonfirmasi ulang kepada Camat Hilimegai, tidak ada tanggapan sama sekali hingga berita ini ditayangkan dan awak media akan terus berupaya menghubungi pihak CV. Babon Consultant terkait pengawasan pekerjaan yang dimaksud.

Oleh sebab itu, diharapkan kepada pihak pemerintah melalui dinas PUPR agar meninjau ulang pembangunan semenisasi tersebut supaya dapat segera dibenahi dan diperbaiki secara serius.


MarTaf

TerPopuler