Profesionalisme Wartawan Di Era 5.0: Menghadapi Tantangan Dan Menjunjung Kode Etik


Profesionalisme Wartawan Di Era 5.0: Menghadapi Tantangan Dan Menjunjung Kode Etik

Selasa, 14 November 2023, November 14, 2023






Pesisir Barat, Prov Lampung -Jejak Kriminal- Kabiro Ipsin Pesisir Barat, Dalam mengemban tugasnya, wartawan dituntut untuk menjaga integritas dan bersih dari segala kepentingan pribadi, golongan, terlebih politik praktis. Kode etik jurnalistik harus menjadi pedoman utama untuk memastikan kualitas informasi yang objektif dan bertanggung jawab, serta mencegah penyebaran berita palsu (hoax).


Era 4.0 ke era 5.0 membawa tantangan baru bagi wartawan, yang memerlukan peningkatan kualitas dan kredibilitas. Penerapan kode etik



harus menjadi praktik sehari-hari tanpa ragu, menuntut wartawan menguasai wilayah kerja dan menjalin hubungan tanpa pandang bulu terhadap status sosial sumber berita.


Analisis situasi, pemahaman konflik sosial, ekonomi-politik, keamanan, dan ketertiban menjadi kunci dalam menjalankan tugas wartawan, terutama di tengah tantangan global seperti konflik ekonomi-politik dunia dan pandemi COVID-19. Wartawan diharapkan menjadi garda terdepan dalam memberikan informasi terkini dan akurat mengenai kondisi regional.


Sebagai mata dan telinga publik, wartawan memiliki tanggung jawab besar untuk menyampaikan berita berbobot berdasarkan fakta dan data dengan tingkat akurasi tinggi. Hal ini bertujuan untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap informasi yang disajikan, meningkatkan kualitas media, dan menjaga integritas insan pers.


Samsoni & Irfan Fajri

TerPopuler