Firman Giawa: Larang Para Kepala Desa Gunakan Anggaran Dana Desa Hanya Untuk Alasan Stunting


Firman Giawa: Larang Para Kepala Desa Gunakan Anggaran Dana Desa Hanya Untuk Alasan Stunting

Jumat, 03 November 2023, November 03, 2023

 Nias Selatan-Jejak Kriminal

Firman Giawa, SH.,MH Wakil Bupati Nias Selatan hadiri Rembuk Stunting Tingkat Kecamatan Tahun 2023, yang dilaksanakan di UPTD Puskesmas Bawomataluo pada Rabu (01/11/2023).


Firman Giawa, SH.,MH dalam sambutannya menekankan Bahwasanya masalah stunting merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) menuju sumber daya unggul Indonesia Maju.


Oleh sebab itu, Wakil Bupati Nias Selatan itu pun meminta seluruh stakeholder serta pemangku kebijakan untuk tetap berusaha menurunkan angka stunting di Kabupaten Nias Selatan sehingga bisa mencapai target skala nasional dengan angka prevalensi stunting 14 persen di tahun 2024 mendatang.


Pada kesempatan itu, Firman Giawa, SH.,MH menyampaikan apresiasi kepada semua pihak atas kerja dan usaha yang telah dilakukan dalam rangka penurunan angka stunting di Kabupaten Nias Selatan. Namun melihat juga mengingatkan Bahwasanya meskipun sudah ada capaian-capaian yang bisa dilihat dari usaha yang sudah dilaksanakan selama ini, tetapi upaya penurunan angka stunting harus tetap diteruskan sesuai harapan masyarakat khususnya Nias Selatan.


"Karena itu Kami menekankan agar semua pihak tetap membangun kerjasama yang baik agar upaya penanganan stunting bisa lebih cepat serta berlangsung dengan baik dan lancar. Untuk itu Posyandu harus tetap digiatkan kembali."katanya.


Selain itu, Wakil Bupati Nias Selatan juga mengingatkan agar data yang berhubungan dengan pelaksanaan penurunan stunting tetap dilaporkan sehingga data real itu bisa selalu ter-update dan menjadi sumber informasi tentang angka penurunan stunting di Kabupaten Nias Selatan.


Kepada para Kepala Desa, Firman Giawa berpesan agar tidak menyalahgunakan dana desa yang ditujukan untuk penurunan stunting.


“Saya tegaskan, jangan disalahgunakan dana desa khusus Stunting. Kalau bisa apa yang dibelanjakan langsung terkait makanan tambahan untuk mencegah serta menuntaskan masalah stunting,”Pungkasnya.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bapedda Nias Selatan Abdiel Sonasa Amazihono, SSTP., M.Ec.Dev, Kadis P2KBP3A Nias Selatan Swasti Elisabeth Duha, S.Kep.Nurs., M.KM, Camat Fanayama, Kepala Puskesmas Bawomataluo, dan Para Kepala Desa dan perangkat desa, BPD, tokoh masyarakat, tokoh, pemuda, Pers/ Wartawan.



MarTaf

TerPopuler