Pengaspalan Jalan Hotmix Dikecamatan Onolalu Kabupaten Nias Selatan di Duga Hanya Seumur Jagung


Pengaspalan Jalan Hotmix Dikecamatan Onolalu Kabupaten Nias Selatan di Duga Hanya Seumur Jagung

Jumat, 27 Oktober 2023, Oktober 27, 2023

 Nias Selatan-Jejak Kriminal

Masyarakat desa kecamatan onolalu kabupaten nias selatan, Provinsi Sumatera Utara, sangat kecewa dengan hasil pengerjaan proyek pembangunan jalan tepatnya di kawasan desa hilimondregeraya menuju desa hilionaha dan menuju kota kabupaten nias selatan yang diduga dikerjakan asal asalan ( Asal Jadi). Kamis (26/10/2023).


Pasalnya, pengaspalan jalan hotmix yang baru dikerjakan kondisinya sudah banyak rusak. Dari pantauan awak media, proyek yang bernomor kontrak dengan nilai yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) yang baru dikerjakan sudah mulai rusak dan rata-rata jalan hotmixnya bergelombang dibeberapa ruas jalan dan terlihat tidak rapi.


Media, sudah menyampaikan keluhan masyarakat kepada konsultan pengawas pada saat itu namun belum mendapatkan informasi karena konsultan dan pengawasan dari PU kabupaten nias selatan tidak menghiraukan.


Salah seorang masyarakat kecamatan onolalu, kepada media mengatakan, proyek pengaspalan hotmix jalan ini semestinya dikerjakan dengan baik. Karena jalan ini dibangun untuk dipergunakan oleh masyarakat.


“Rusaknya jalan yang baru selesai dibangun tersebut diduga akibat pihak pelaksana proyek dalam pengerjaannya tidak sesuai dengan spesifikasi teknik,” tuturnya.


Menurutnya, buruknya kualitas pelaksanaan proyek tersebut diduga karena lemahnya pengawasan yang dilakukan pihak konsultan pengawas dan pihak dinas terkait.


Kalau kita lihat, ketebalan aspal hotmixnya tidak sesuai dari anggarannya, Hal itu dikarenakan lemahnya pengawasan dari pihak konsultan pengawas maupun dinas terkait, sehingga pihak rekanan bekerja asal jadi dan diduga demi mengeruk keuntungan besar, ujarnya.


Karena itu, kami masyarakat kecamatan onolalu meminta kepada pihak penegak hukum khususnya kepada bapak bupati nias selatan dan bapak wakil bupati nias selatan dan kejaksaan negeri nias selatan agar dapat segera memproses permasalahan ini, Karena sudah jelas bahwasanya pengerjaan proyek tersebut merugikan negara.


“Semestinya pihak konsultan pengawas dan PPTK dinas terkait dapat bekerja secara profesional dan sesuai stakeholder, sehingga kualitas pekerjaan jalan hotmix itu dapat dinikmati masyarakat,”


Terkait adanya pemberitaan yang mengabarkan bahwa rusaknya jalan yang baru dikerjakan itu, masyarakat mengatakan jika pihak pelaksana proyek bekerja sesuai spesifikasi teknik tidak mungkin jalan itu langsung rusak.


Hingga berita ini ditayangkan, awak media belum mendapat keterangan dari pihak terkait.



MarTaf

TerPopuler