Pemerintah Desa Hiliserangkai Berikan Bantuan Pupuk Untuk 150 KK


Pemerintah Desa Hiliserangkai Berikan Bantuan Pupuk Untuk 150 KK

Sabtu, 28 Oktober 2023, Oktober 28, 2023

 Nias Selatan-Jejak Kriminal

Pemerintah Desa Hiliserangkai, Kecamatan Idanotae, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, bagikan pupuk Urea dan Phonsca, sebanyak 150 kepala keluarga (KK) menerima bantuan pupuk yang bersumber dari anggaran dana desa, adapun pembagian pupuk tersebut dalam rangka pelaksanaan program ketahanan pangan tahun 2023. 


"Pupuk yang disalurkan kepada seluruh warga merupakan pupuk jenis Urea Phonska dan pupuk Urea yang dibeli dengan menggunakan dana desa, untuk program ketahanan pangan tahun 2023," kata Ibu Kepala Desa Hiliserangkai, Kecamatan Idanotae, Kabupaten Nias Selatan, (Yuriadil Talaumbanua) disela-sela pembagian pupuk kepada warga, Sabtu (28/10/2023) 


Kemudian, Yuriadil Telaumbanua menjelaskan, terkait pembagian pupuk merupakan hasil dari usulan pada saat melaksanakan musyawarah desa, kegiatan pembagian pupuk baru bisa terealisasi setelah musrenbang ditingkat Kecamatan tentang anggaran Dana Desa tahun 2023. 


"Jadi, setelah terealisasi, kami pihak Pemerintah Desa Hiliserangkai, langsung membeli pupuk sebanyak 150 sak dengan anggaran dana desa terdiri dari 75 sak pupuk Urea dan Phonsca 75 sak. Mengenai penyaluran pupuk kepada seluruh masyarakat menggunakan sistem kepala keluarga, dimana setiap kepala keluarga mendapatkan 25 kg pupuk berjenis Urea, 25 kg Phonska," ujarnya 


Ia menjelaskan, pelaksanaan program pembagiaan pupuk kepada masyarakat dengan menggunakan anggaran dana desa sudah berjalan ini baru perdana atau tahap pertama. 


"Program ini juga salah satu program dari Pemerintah Kabupaten Nias Selatan, terkait ketahanan pangan ditingkat Kecamatan dan Desa," ujarnya 


Selain itu, ada beberapa program mengenai ketahanan pangan yang sudah berjalan dan diberdayakan. Seperti pemeliharaan ikan Patin, ikan Mas, Ikan bawal, Ikan Nila dan penanaman Ketumbar.


"Dan itu kami juga menggunakan dana desa, tujuannya supaya bisa meningkatkan ketersediaan pangan dari hasil produksi masyarakat," tuturnya 


Petugas melayani masyarakat yang mengambil pupuk Phonsca dan Urea bersumber dari dana desa untuk masyarakat tani di halaman Kantor Desa Hiliserangkai, Kecamatan Idanotae Kabupaten Nias Selatan.


Sementara itu, Camat Idanotae Fatizaro Tafonao, S.Pd memberikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Hiliserangkai atas penyaluran bantuan ketahanan pangan dalam bentuk bantuan pupuk kepada masyarakat dengan menggunakan dana desa. 


"Luar biasa, artinya, program yang dilaksanakan pihak Pemerintah Desa Hiliserangkai, salah satu bentuk untuk mengantisipasi ketersediaan pupuk ketika musim tanam kapulaga (Ketbar) tiba. Jadi dengan bantuan ini masyarakat tidak perlu khawatir lagi terkait pupuk, karena setiap kepala keluarga sudah memiliki 1 sak pupuk dirumah," katanya 


Ia menyebutkan, karena kebiasaan pada saat musim tanam Kapulaga (Ketumbar) tiba, kelangkaan pupuk itu selalu terjadi. Maka, pihak Pemerintah Desa Hiliserangkai hadir untuk menjawab permasalahan yang dirasakan oleh masyarakatnya, disaat masyarakatnya membutuhkan pupuk, maka ketersediaan pupuk sudah ada. 


"Jadi ini lah tujuan dari Pemeritahan Desa membagikan bantuan pupuk kepada semua masyarakatnya, program ini perdana," tuturnya 


Disamping itu, Koordinator Pendamping Desa Kecamatan Idanotae (Ndruru) mengharapkan dana desa tentang ketahanan pangan bisa terus berlanjut, agar tahun selanjutnya bisa mendapatkan dukungan dan tambahan bantuan dana dari Pemerintah Daerah dan Pusat terhadap program ketahanan pangan. 


"Sehingga masyarakat di Kecamatan Idanotae (Desa Hiliserangkai) bisa meningkatkan produktivitas dalam hal pertanian, sebab sebagian besar penduduk di Kecamatan Idanotae adalah petani," pungkasnya.



MarTaf

TerPopuler