Longsor Terjang Madina hingga Akses Jalinsum Tertutup Tanah, Karena Diguyur Hujan Deras


Longsor Terjang Madina hingga Akses Jalinsum Tertutup Tanah, Karena Diguyur Hujan Deras

Jumat, 27 Oktober 2023, Oktober 27, 2023

MADINA, JEJAK KRIMINAL

Hujan deras mengguyur wilayah Pantai Barat, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Sumatera Utara (Sumut), Kamis (26/10/2023). Akibatnya longsor menutupi akses jalan lintas Sumatera (Jalinsum).


Titik kejadian longsor tepatnya terjadi di kawasan Dusun Simarrobu Desa Rantobi Kecamatan Batang Natal. Tertimbunnya jalan ini pun mengakibatkan lumpuhnya aktivitas enam kecamatan di daerah itu.


Dari informasi yang diterima iNews, selain longsor ada juga pohon yang tumbang. Aliran listrik juga padam.


"Memang kita ketahui bersama bahwa pada hari kami sore (26/10/2023) curah hujan sangat tinggi mengakibatkan longsor yang terjadi di Dusun Simarrobu dan batu jalan yang tertimbun sedang di tangani dengan memakai alat berat dari perusahaan sekitar," kata Marwansyah Harapa, Camat Batang Natal Madina, Jumat (27/10/2023). 

 

Di tempat terpisah, Babinsa Sersan satu Kholis Nasution anggota satuan Koramil 16/ batang natal yang berada di lokasi kejadian membenarkan kejadian itu. Dia memperkirakan lokasi longsor yang menutup jalan lintas sekitar lebih kurang 100 meter dan ketebalan sekitar 1,5 meter. 


"Namun dengan adanya koordinasi yang baik dan cepat tanggap kita dibantu kepala desa setempat dan masyarakat Alhamdulillah sekira jam 21.55 wib tadi malam para pengendara sudah bisa lewat," kata Kholis. 


Atas kejadian itu, Kholis juga mengimbau kepada masyarakat yang melintasi kawasan Jalinsum penghubung Panyabunga-Pantai Barat untuk tetap waspada dan berhati-hati karena daerah tersebut rawan longsor.


"Begitu juga bagi masyarakat yang tinggal di daerah pinggiran sungai Batang Natal mulai dari Kecamatan Batang Natal sampai kecamatan Natal agar tetap waspada karena itentitas hujan masih mengguyur kawasan ini, " katanya.

Sumber : iNews.id
 

TerPopuler