Kader Partai Gerindra Usulkan Gibran Jadi Cawapres Prabowo


Kader Partai Gerindra Usulkan Gibran Jadi Cawapres Prabowo

Senin, 16 Oktober 2023, Oktober 16, 2023

PADANG, JEJAK KRIMINAL

Kader Partai Gerindra di sejumlah daerah mengusulkan nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping bakal calon presiden Prabowo Subianto.


Usulan tersebut di antaranya berasal dari DPC Gerindra Gunungkidul, Blora, Situbondo, Salatiga, Lampung, dan DPD Gerindra Jawa Barat.
 

Sementara, Ketua Umum Partai Amanat Nasiona (PAN) Zulkifli Hasan juga menyebut ada tanda-tanda bahwa Gibran akan mendampingi Prabowo pada kontestasi Pemilihan Presiden 2024.


Menurut Zulkifli, tanda-tanda itu terlihat ketika Gibran diundang menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pro Jokowi (Projo) pada Sabtu (14/10/2023).


Lalu, bagaimana jika nantinya Gibran menjadi cawapres Prabowo?


Guru Besar Ilmu Politik Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat, Asrinaldi mengatakan, peluang Prabowo untuk memenangi pilpres terbuka lebar jika berpasangan dengan Gibran.


Menurut Asrinaldi, Gibran memiliki massa pendukung di Jawa Tengah dan memiliki dampak positif dengan masih berkuasanya sang ayah, Presiden Jokowi.


"Kalau Prabowo-Gibran jadi, mereka memiliki potensi besar menang. Minimal untuk maju ke putaran kedua," kata Asrinaldi yang dihubungi Jejak Kriminal, Minggu (15/10/2023).


Kondisi itu bisa membuat capres dari PDI-P Ganjar Pranowo, tergerus suaranya di Jawa Tengah.


Untuk itu, Ganjar mesti bermanuver politik dengan memilih cawapres yang bisa mengembalikan suaranya yang tergerus.


"Ini bisa dilakukan dengan mengambil cawapres yang memiliki massa di Jawa Timur atau Jawa Barat," kata Asrinaldi.


Asrinaldi memprediksi persaingan semakin ketat jika kondisi itu terjadi dan hampir dipastikan pilpres bakal dua putaran.


"Persaingan akan ketat. Masing-masing pasangan akan menggerus suara mereka di basis masing-masing lawan," kata Asrinaldi.


Hanya saja, politik itu dinamis dan bisa berubah seketika jika ada manuver yang dilakukan.


Asrinaldi menduga Prabowo sengaja menunggu putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait batasan umur cawapres untuk nantinya langsung meminang Gibran.


"Sinyal itu sudah sangat jelas, Prabowo menunggu putusan MK. Sejumlah kader Gerindra sudah mengusulkan Gibran. Jadi itu sudah terlihat jelas," kata Asrinaldi.

Sumber : Kompas.com

TerPopuler