Gempa Guncang Banda Aceh dengan Magnitudo 3,4SR, BMKG: Akibat Sesar Besar Sumatera


Gempa Guncang Banda Aceh dengan Magnitudo 3,4SR, BMKG: Akibat Sesar Besar Sumatera

Senin, 23 Oktober 2023, Oktober 23, 2023

 

BANDA ACEH, JEJAK KRIMINAL

Gempa bumi tektonik berkekuatan Magnitudo (M) 3,4, mengguncang Kota Banda Aceh dan sekitarnya, Senin (23/10/2023) pukul 01.51 WIB. Guncangan gempa dirasakan warga Banda Aceh skala II MMI.

Hasil analisis BMKG, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5.49° Lintang Utara (LU) dan 95.58° Bujur Timur (BT) atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 27 kilometer Barat Laut Jantho Aceh Besar di kedalaman 3 kilometer.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Deliserdang Sumatera Utara Agus Riyanto mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Besar Sumatra pada segmen Seulimeum-North.

Agus menjelaskan, berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi itu dirasakan di daerah Banda Aceh dengan skala intensitas II MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," ujar Agus Riyanto, Senin (23/10/2023). 

Hingga pukul 02.09 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada kejadian gempa bumi susulan (aftershock). Masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sumber : iNews.id

TerPopuler