Puan : DPR RI Akan Kawal Pemilu 2024 Berjalan Demokratis, Jujur, dan Adil


Puan : DPR RI Akan Kawal Pemilu 2024 Berjalan Demokratis, Jujur, dan Adil

Rabu, 16 Agustus 2023, Agustus 16, 2023









Jakarta, Jejak Kriminal.Online -
Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan agar semua pihak menjaga persatuan bangsa menjelang pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Ia mengatakan, tidak ingin kontestasi Pemilu 2024 lantas membelah masyarakat. 

"Tidak ada artinya kekuasaan bila rakyat terbelah, menjadi kepingan kepingan sosial dengan penuh dendam, saling benci, saling dengki," kata Puan dalam pidato pembukaan masa sidang DPR, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2023). 

Menurut Puan, hendaknya semua pihak menghargai perbedaan dalam politik. Sebab, ia menilai perbedaan adalah hal alamiah.

Untuk itu, ia menyebut pentingnya mewujudkan persatuan secara bersama-sama. 

"Persatuan adalah perjuangan kita bersama untuk mewujudkannya. Jadi marilah kita jaga dan rawat Persatuan Indonesia," ujar Puan. 

Ketua DPP PDI-P ini lantas mengingatkan soal fondasi utama semua pihak dalam membangun negeri adalah persatuan. Menurutnya, tanpa persatuan rakyat, akan sulit bangsa Indonesia mencapai kemajuan.

"Bangsa Indonesia hendaknya setia kepada sifat asalnya, yaitu bangsa yang berbeda-beda tetapi dipersatukan oleh Pancasila, Ojo Pedhot Oyot (Jangan putus akar)," kata Puan.

 "Kita semua, elemen bangsa Indonesia, hendaknya memahami dan mengerti, kapan waktunya bertanding dan kapan kembali bersanding," ujarnya lagi. 

Terakhir, Puan berpesan bahwa DPR RI akan mengawal Pemilu 2024 berjalan demokratis, jujur, dan adil. Hal tersebut dilakukan sesuai dengan kewenangan konstitusional DPR RI.


Sumber : Kompas


TerPopuler