Polda Kalbar Bentuk Tim Khusus Untuk Menyelidiki Demo Buruh di Bengkayang


Polda Kalbar Bentuk Tim Khusus Untuk Menyelidiki Demo Buruh di Bengkayang

Senin, 21 Agustus 2023, Agustus 21, 2023

Bengkayang, jejakkriminal.online - 

Polda Kalbar membentuk tim khusus untuk menyelidiki demo buruh di Desa Sinar Baru, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang yang berakhir rusuh. Terjadi bentrokan antara ribuan buruh PT Wirata Daya Bangun Persada dengan polisi. Tim khusus itu terdiri atas unsur pengawasan Itwasda dan Propam Polda Kalbar. 

 Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto juga meminta agar masyarakat menyikapi dengan bijak beredarnya video yang menampilkan kerusuhan itu. Sebab potongan-potongan video itu tidak menjelaskan secara runut kejadian sebenarnya. "Terkait video yang tersebar di berbagai platform media sosial agar disikapi dengan bijak dan tidak langsung menyalahkan salah satu pihak," kata Pipit, Senin (21/8/2023).

Menurut informasi, kerusuhan itu berawal dari demo buruh PT Wirata Daya Bangun Persada (Duta Palma Agro Group) yang telah berlangsung sejak Mei 2023. Perusahaan tidak menanggapi keluhan buruh, sehingga pada Juni 2023 terjadi lagi demo yang akhirnya berujung dengan kesepakatan agar tuntutan pekerja terkait kesejahteraan seperti BPJS Kesehatan dan gaji standar UMK terealisasi.

Namun karena hingga akhir Juli 2023 kesepakatan itu tidak dilaksanakan perusahaan, sehingga pada 1 Agustus 2023, ribuan buruh kembali menggelar demo. Puncaknya pada 19 Agustus 2023 yang berujung terjadi bentrokan dengan polisi.  Kondisi di lokasi kini telah kondusif. Namun para buruh masih berada di perusahaan menuntut realisasi kesepakatan sebelumnya.

Sumber :iNews


TerPopuler