Bentrok Ormas di Jakarta Utara hingga Jatuh Korban Luka


Bentrok Ormas di Jakarta Utara hingga Jatuh Korban Luka

Selasa, 27 Juni 2023, Juni 27, 2023

 


Redaksi.Jk - Bentrok ormas terjadi di Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara. Bentrokan tersebut mengakibatkan dua orang terluka.

Belum diketahui secara pasti penyebab bentrokan tersebut. Peristiwa itu terjadi pada Jumat (23/6/2023) sore.


Polisi langsung membubarkan ormas yang terlibat bentrok tersebut. Sementara polisi masih menyelidiki pelaku yang terlibat dalam bentrokan tersebut


Dua Orang Terluka

Kapolsek Cilincing Kompol Haris Ahmad membenarkan adanya kejadian tersebut. Dilaporkan ada korban luka dalam kejadian tersebut.


"Ada dua orang, luka," kata Kompol Haris, dihubungi Jumat (23/6).


Haris tidak menjelaskan kronologi secara detail terkait bentrokan tersebut. Ia mengatakan prioritas utama pihak kepolisian adalah menangani bentrokan agar tidak meluas.


"Kami belum mendalami bagaimana kronologisnya, yang penting situasi kita kendalikan terlebih dahulu," imbuhnya.


Penyebab Bentrokan Diusut

Pihak kepolisian juga masih mendalami penyebab bentrokan tersebut. Saat ini dua kelompok massa dilaporkan telah bubar.


"Penyebabnya masih kami dalami. Sudah, sudah kami bubarkan," imbuhnya.


Dua Mobil Dirusak

Tidak hanya korban jiwa, bentrokan di Cilincing, Jakarta Utara, juga mengakibatkan dua unit mobil rusak terkena pecahan batu.


"Untuk yang kondisi rusak ada di TKP 2 unit," kata Kompol Haris.


Haris mengatakan mobil tersebut rusak lantaran terparkir di lokasi tempat terjadinya bentrokan dua kelompok. Mobil rusak karena terkena lemparan batu dan benda lainnya saat terjadinya bentrokan.


Meski demikian, lanjut Haris, belum diketahui mobil tersebut milik siapa. Saat ini pihak kepolisian masih mendalami kasus yang ada.


"Sepertinya demikian, (mobil rusak) karena ditimpuk sepertinya. Saat ini sedang dilakukan identifikasi, mobil milik siapa dalam kesempatan apa. Yang pasti bukan mobil milik dari pemilik tempat. Masih dilakukan pendalaman melalui CCTV juga," kata dia.


Awal Mula Terjadi Bentrokan

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara AKBP Iverson Manossoh mengatakan peristiwa tersebut terjadi pada Jumat (23/6) pukul 14.00 WIB. Bentrokan terjadi setelah kelompok massa memaksa masuk ke wilayah perusahaan yang dijaga kelompok lainnya.


"Sekelompok orang yang menggunakan atribut Laskar NKRI Jakut datang menggunakan sekitar 7 kendaraan roda empat dengan cara memaksa masuk ke dalam area PT Dwi Jayatek Cilincing," kata Iverson saat dihubungi, Senin (26/6).


Karena hal tersebut, kemudian terjadilah bentrok antara keduanya. Bentrokan tersebut menimbulkan dua orang terluka hingga kendaraan rusak.


"Sehingga terjadi saling pukul antara kedua kelompok tersebut. Dari kedua belah pihak terdapat korban luka, juga terjadi kerusakan beberapa kendaraan roda empat," ujarnya.


9 Saksi Diperiksa

Iverson mengatakan belum diketahui motif pasti bentrokan terjadi. Hingga kini pihak kepolisian sudah memeriksa total 9 orang. Pihak kepolisian, lanjut Iverson, masih mendalami kasus tersebut.


"Untuk motif kasus ini sedang kami dalami. Kami akan tetap profesional menangani kasus ini dengan mengikuti mekanisme yang berlaku, baik penyelidikan maupun penyidikan. Termasuk kecermatan dan ketelitian dalam pengumpulan bukti-bukti baik secara induktif maupun deduktif," imbuhnya.



Sumber: Detik.com

TerPopuler